Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Koin Berkarat Jadi Baru Lagi Dengan Asam

Cara Membuat Koin Berkarat Jadi Baru Lagi Dengan Asam atau cara membersihkan koin / logam yang berkarat dengan larutan asam. Ya, dengan asam koin berkarat yang telah lama tertanam dalam tanah sekalipun bisa menjadi tampak baru lagi. Mungkin banyak yang belum tau caranya, maka dari itu pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat koin berkarat jadi baru lagi dengan larutan Asam biasa. Tak perlu repot mencari cairan asamnya karena asam yang digunakan adalam asam dapur yang biasa digunakan memasak ikan atau membuat sayur asem.

Cara Membuat Koin Berkarat Jadi Baru Lagi Dengan Larutan Asam 
Cara Membuat Koin Berkarat Jadi Baru Lagi Dengan Asam
  1. Larutkan asam dapur atau asam ikan bersama air kurang lebih setengah gelas kecil dengan cara diremas-remas sampai larutan asamnya keluar dan bijinya terpisah dari wax asamnya. 
  2. Cuci koin atau logam berkarat atau yang kusam dengan air bersih dengan cara digosok dengan ibu jari sampai bersih. 
  3. Selanjutnya tinggak masukkan koin dalam larutan asam hingga tenggelam dan menutupi semua bagiannya. 
  4. Diamkan selama kurang lebih setengah hari atau 24 jam penuh untuk menunggu larutan asamnya bekerja dengan baik mengupas karat yang melekat pada koin atau logam. 
  5. Angkat logamnya dan gosok dengan keras menggunakan jari atau kain kasar sebelum dicuci dengan air bersih. Sebaiknya gosok agak lama untuk hasil terbaiknya. 
  6. Terakhir, tinggal bilas sampai bersih, keringkan dan lihat hasilnya logam akan tampak mengkilap dan karatnya pun akan hilang.
Cara membuat koin berkarat jadi baru lagi dengan larutan asam di atas bisa dilakukan dengan logam yang lebih besar. Namun, caranya cikup dengan mencelupkan ujung kain pada larutan asam kemudian digosokkan pada logam yang tampak kusam secara memutar dan hasilnya pun bisa langsung dilihat. Lakukan perawatan semua logam dengan cara tersebut untuk menghindari permukaan logam menjadi tidak berkilau.

Baca juga cara membuat lainnya : Cara Membuat - Menghilangkan Bekas Lem Stiker
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cara Membuat Umum dengan judul Cara Membuat Koin Berkarat Jadi Baru Lagi Dengan Asam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tutorial-gratis-di.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-koin-berkarat-jadi-baru.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Jumat, 15 Maret 2013

1 Komentar untuk "Cara Membuat Koin Berkarat Jadi Baru Lagi Dengan Asam"

  1. lagi nyoba saya gan,,,pake cuka ama garam...semoga berhasil...trims

    BalasHapus