Diberdayakan oleh Blogger.

Cara membuat BMT / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil)

Cara membuat BMT / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil) tidak sesulit yang kita bayangkan. Jika langkah dan persyaratan yang disyaratkan oleh dinas koperasi sudah terpenuhi maka tinggal tunggu beberapa hari izin pun akan kita peroleh. Tapi, sebelum mulai menjelaskan cara-caranya kami akan menjelaskan sedikit prospek dari bisnis ini.

Koperasi Syariah atau yang lebih umum dikenal dengan BMT (Baitul Maal wa at-Tamwil) memiliki peran yang sangat besar dalam membangun perekonomian mikro bangsa ini. Mengapa tidak, hingga saat ini jumlah BMT yang terdaftar dalam asosiasi BMT se-Indonesia sudah mencapai 5000-an BMT, baik yang besar maupun yang masih ber-Asset kecil. Jumlah tersebut masih bisa lebih karena untuk koperasi syariah yang skala kecil dan baru berkembang masih banyak yang belum terdaftar dalam asosiasi tersebut.

Cara membuat BMT Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil)
BMT - Koperasi Syariah
Sudah banyak cerita soal kesuksesan BMT/ Koperasi Syariah yang bisa besar dan ber-asset milyaran hanya dengan modal jutaan rupiah dan bahkan ratusan ribu saja. Sebagai contoh, di darah Pati Jawa Tengah dikenal BMT Fastabiq yang dimulai dengan hanya modal 2 juta ripiah hingga saat ini sudah memiliki Asset lebih dari 200 Milyar. Dan masih banyak lagi di daerah lain, seperti BMT Tumang Boyolali, BMT BUS Lasem Rembang, BMT Tamzis Wonosobo yang juga sudah ber-Asset ratusan milyar dan sebagainya.

Cara Membuat BMT / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil)
  1. Modal. Untuk saat ini persyaratan jumlah minimal modal awal pembentukan BMT atau Koperasi Syariah adalah minimal 35 Juta. Lebih besar, lebih baik. Jika bisa mencapai minimal 100 juta, selain asset tempat dan gedung akan jauh lebih cepat berkembang. Karena jumlah Asset yang lebih besar akan memudahkan memperoleh jumlah pinjaman yang lebih besar pula dari bank Syariah. 
  2. Pendiri BMT. Menurut aturan yang berlaku saat ini, BMT atau Koperasi Syariah baru bisa dibentuk dan mendapat izin dari Dinas Koperasi apabila didirikan minimal 20 orang pendiri sekaligus pengurus yang masing-masing tidak ada hubungan keluarga. 
  3. Izin Dinas Koperasi. Untuk memperoleh izin ini, para pendiri dan pengurus harus telah melakukan Rapat Kepengurusan yang disahkan dengan berita acara pembentukan pengurus dan pendiri, beserta konsep AD/ART-nya juga diajukan bersama ke dinas koperasi. Untuk contoh pembuatan AD/ART Koperasi Syariah bisa dicari di internet. Atau mungkin bisa melihat langsung bentuk AD/ART Koperasi Syariah yang dilihat dari salah satu orang yang ikut sebagai Anggota BMT di salah satu BMT. 
  4. Tempat Pelatihan SDM BMT. Setelah membentuk BMT / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil) maka langkah selanjutnya tinggal menyiapkan SDM-nya, seperti bagian Administrasi, Accounting, Marketing, dan Manager. Untuk langkah ini kami memiliki referensi tempat pelatihan SDM BMT di Jawa Tengah yang sangat terpercaya dan telah digunakan banyak BMT baru maupun BMT yang telah lama untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Silahkan hubungi nomor HP : 085255877760 untuk melakukan konsultasi mengenai tempat pelatihan dan langkah-langkah pendirian BMT (Rp. 2.000.000 sekali konsultasi) 
  5. Jaringan / Asosiasi BMT. Setiap daerah dan profinsi memiliki Asosiasi BMT, seperti halnya di Jawa Tengah adalah Asosiasi BMT Jateng, untuk itu silahkan hubungi Asosiasi terdekat di kota Anda. 
  6. Permodalan. Untuk memperoleh bantuan modal dan peningkatan aset BMT maka setiap lembaga, baik BMT maupun koperasi umum, disyaratkan minimal berumur 2 tahun atau telah beroperasi selama 2 tahun yang dihitung dari tanggal dan tahun pendirian BMT dalam AD/ART-nya. Lembaga yang umum dikenal adalah PT. Permodalan BMT, Inkopsyah dan Dinas Koperasi sendiri selaku lembaga bentukan Pemerintah.
Demikian Cara Membuat Bmt / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil) yang bisa kami bagi kali ini. Sipakan dengan baik persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendiri seperti foto copy KTP dan NPWP masing-masing pendiri yang dilampirkan dalam permohonan pendirian BMT pada dinas. Selain itu, hubungi kantor notaris terdekat sebelum memulai membuat koperasi untuk mengetahui proses pembuatan TDP dan SIUP BMT anda nantinya.

Baca cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat / Mengaktifkan Internet Banking BCA 
  2. Cara Membuat Bekas Lem Hilang
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bagaimana Cara Membuat / Cara Membuat Umum dengan judul Cara membuat BMT / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tutorial-gratis-di.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-bmt-koperasi-syariah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Aci iskar - Kamis, 14 Maret 2013

2 komentar untuk "Cara membuat BMT / Koperasi Syariah (Baitul Maal Wa At-Tamwil)"

  1. asslkm. aq mo buat bmt tuk sasaran ukm khususnya ukm batik edan tekstil serta kuliner-makanan oleh2 kue2 etc di kota pekalongan. gimana ya

    trims

    ahmad

    BalasHapus
  2. y g mau jawablah wong da tarif 2 jt kok....

    BalasHapus