Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Install Linux Ubuntu Di Perangkat Android [Video]

Cara install Ubuntu di hp / smartphone Android, Di dalam video tutorial cara Install Linux Ubuntu di Smartphone Android tersebut terlihat bahwa ada salah seorang tengah melakukan tweaking Smartphone Android untuk dipersiapkan menjalankan Linux Ubuntu.

Smartphone Android yang digunakan dalam video tutorial tersebut adalah Samsung Galaxy SII. Tetntunya, smartphone Samsung Galaxy SII yang digunakan telah diroot terlebih dahulu. Proses Instalasi pun tidak begitu rumit, tampak hanya perlu tiga tahap simple untuk porting Ubuntu ke smartphone Android.

Seperti apa cara Install Linux Ubuntu di Smartphone Android, silahkan teman-teman Geeks perhatikan langsung video tutorial dan step by step cara install Linux Ubuntu di Smartphone Android di bawah ini.
Hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai Instalasi.
  1. Smartphone Android dengan kondisi telah di root
  2. Android Terminal Emulator (gratis dan bisa didownload di market)
  3. android-vnc-viewer (gratis dan bisa didownload di market)
  4. Custom Image Ubuntu, silahkan download di link berikut (pilih salah satu server)
Jika dua file .rar image ubuntu telah terdownload, unzip kedua file tersebut.
Copy file Ubuntu ke dalam smartphone Android
Setelah proses Unzip custom image ubuntu selesai, sekarang pindahkan file tersebut (ubuntu.img und ubuntu.sh) ke dalam media penyimpanan smartphone Android, dalam hal ini smartphone Android yang digunakan adalah Samsung Galaxy SII. Buat sebuah folder dengan nama “ubuntu”  pada kartu SD. Pada dasarnya kita bebas memilih nama folder / sub folder.
Jika proses copy file telah selesai, buka Terminal Emulator dan jalankan perintah berikut :
su
cd /sdcard/external_sd/ubuntu/
sh ubuntu.sh

Dengan perintah “su” kita mendapatkan hak sistem administrator.  “Cd” digunakan untu pergi ke folder yang kitatentukan setelah “cd”. Dalam hal ini folder yang kita buat adalah ubuntu di root kartu SD. perintah “sh” adalah perintah untuk menjalankan shell dari file “ubuntu.sh”.

Jika proses pemberian perintah di Terminal Emulator berjalan baik, kita akan dibawa ke jendela untuk konfigurasi seperti tampak di bawah ini.


Kemudian isikan konfigurasi sebagai berikut,
Password: ubuntu
Address: 127.0.0.1
Port: 5900
Color Format: 24 Bit
Jika sudah diisikan konfigurasi tersebut, klik Connect. Dan OS Ubuntu telah terinstall di Smartphone Android kita.

Untuk control ubuntu tetap sama dengan control pada ubuntu biasanya. Seperti shutdown dan lain-lain. Lebih jelasnya bisa teman-teman Geeks perhatikan di video berikut ini.

Sekian tutorial bagaimana cara meng install ubuntu linux pada perangkat Android yang berhasil saya temukan dan copas dari link sumber ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Linux / Tutorial / Umum dengan judul Cara Install Linux Ubuntu Di Perangkat Android [Video]. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tutorial-gratis-di.blogspot.com/2013/03/cara-install-linux-ubuntu-di-perangkat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Jumat, 15 Maret 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Install Linux Ubuntu Di Perangkat Android [Video]"

Posting Komentar